Jumat, 06 November 2015

ORGANISASI SOSIAL (SOFTSKILL)





 

Nama : Diah Ayu Novarina                           
NPM : 12114948
Kelas : 2KA28
Mata Kuliah : Teori Organisasi Umum 2
                                              
ORGANISASI SOSIAL 




            Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara.
            Organisasi sosial yang terjadi pada lingkungan saya adalah saya termasuk kedalam suatu organisasi tari atau bisa disebut dengan organisasi dance cover. Saya menjabat sebagai humas didalam organisasi tersebut. Organisasi tersebut berdiri sejak bulan oktober tahun 2014. Sudah 1 tahun organisasi ini berdiri dan tugas saya dalam organisasiini adalah mengontrol setiap jadwal latihan dan jadwal mengikuti perlombaan.
            Kelebihan dalam organisasi tari atau dance cover ini adalah dapat berkumpul bersama dengan teman-teman baru yang mempunyai hobi yang sama dan juga mendapatkan pengalaman baru dilingkungan sosial yang baru. Saya dan para anggota yang lain mendapatkan pengalaman menari di atas panggung dan menghibur para penonton adalah sesuatu hal yang baru dan dapat dijadikan suatu pengalaman.
            Kekurangan dalam organisasi tari ini adalah membutuhkan banyak pengeluaran keuangan untuk membayar studio tari setiap kami latihan, pengeluaran untuk membayar uang kostum pada saat perlombaan dan lain sebagainya.
            Konflik yang sering terjadi pada organisasi ini adalah para anggota dan ketua organisasi ini masih sering terjadi kesalahpahaman. Ketua organisasi kami selalu mengambil keputusan sendiri tanpa dimusyawarakan dengan para anggota atau pun dengan bawahannya. Kami pun sering terjadi perdebatan dan beda argumentasi atar ketua dan staff bawahannya.
            Konflik ini memiliki pengaruh pada organisasi tersebut yaitu terjadinya saling kesalahpahaman antar anggota dan tidak adanya sinkronisasi pada organisasi tersebut. Jalan pertama untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan saling bermusyawarah semua anggotabaik yang memiliki jabatan ataupun tidak dan jalan kedua adalah merubah Badan Penanggung Jawabnya.
            Kesimpulan dari organisasi sosial yang saya ikuti ini adalah banyak kelebihan terhadap lingkungan sosial, dapat lebih berkomunikasi yang baik kepada orang lain dan lingkungan sosial yang lainnya namun banyak juga kekurangan pada organisasi tersebut karena masih kurangnya sinkronisasi antar Badan Penanggung Jawab dan para anggotanya. 


REFERENSI :
https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_sosial

Tidak ada komentar: